Sabtu, 09 April 2011

SISTEM DIGITAL PADA PENYIARAN TELEVISI

MENGAPA DIGITAL?

Ada beberapa alasan mengapa sistem digital menjadi sistem yang diperlukan terutama berkaitan dengan penyiaran TV Digital,Berikut alasan-alasan perlunya migrasi ke Digital :

>. EFISIENSI SPEKTRUM FREKUENSI

Dengan mengimplementasikan TV digital maka dengan satu chanal frekuensi bisa digunakan sekaligus untuk beberapa program siaran.jelas sistem TV digital jauh lebih efisien di bandingkan siaran TV analog yang hanya memakai satu chanal untuk satu program saja.

>. KUALITAS,KEANDALAN

Kualitas siaran TV digital jauh lebih baik bila dibandingkan dengan siaran TV analog.Berdasarkan penelitian,siaran TV digital bebas dari derau,sehingga kualitas gambar dan audio  sangat lebih baik dan sempurna.

KOMPATIBILITAS

Dengan TV digital maka beberapa standar siaran TV analog seperti NTSC,PAL,ataupun SECAM dapat disiarkan dengan satu format,MPEG-2,yang merupakan salah satu format standar untuk siaran TV digital di dunia.


SKALABILITAS

Dengan siaran dalam bentuk digital di mungkinkan akan meningkatkan lebar layar televisi,dari bentuk layar standar SDTV ( Standard Definition TV ) ke EDTV ( Enhanced Defenition TV )atau bahkan layar yang lebih lebar lagi ( Format 16:9 ) seperti HDTV ( High Definition TV ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar